Cegah Klaster Pasar jelang Lebaran, Pemkab Bangka Tengah Vaksinasi Pedagang

Rachmat Kurniawan · Senin, 10 Mei 2021 - 12:08:00 WIB
Cegah Klaster Pasar jelang Lebaran, Pemkab Bangka Tengah Vaksinasi Pedagang
Bupati Kabupaten Bangka Tengah Meninjau vaksinasi Covid-19 di Pasar Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah. Foto : iNews.id/Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, iNews.id – Sebagai langkah antisipasi terjadinya klaster pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah memberi vaksin Covid-19 kepada pedagang pasar. Vaksinasi kepada pedagang dimulai di pasar di Kecamatan Namang untuk selanjutnya diikuti kecamatan lainnya.

“Pasar ini kan salah satu tempat bertemunya antar masyarakat, maka kita mengantisipasi penyebaran Covid-19 di pasar dengan memberikan vaksin Covid-19 kepada pedagang pasar. Kita mulai di pasar Kecamatan Namang dan mudah-mudahan kita lanjutkan di pasar-pasar lainnya,” kata Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Senin (10/5/2021).

Di pasar Kecamatan Namang, sebanyak 32 pedagang mengikuti vaksinasi. Sedangkan beberapa pedagang lainnya tidak bisa mengikuti vaksinasi dikarenakan alasan kesehatan.

“Memang tadi kita temukan ada pedagang yang tidak bisa di vaksin, karena mengalami hipertensi dan ada yang beralasan menjalankan puasa. Untuk pedagang yang belum bersedia divaksin dengan berasalan puasa, kita tidak bisa memaksakan. Walaupun memang Majelis Ulama Indonesia sudah memfatwakan orang berpuasa bisa mengikuti vaksinasi,” ujar Algafry.

Salah seorang pedagang, Yati, mengaku awalnya takut dan ragu untuk mengikuti vaksinasi ini. Namun setelah dijalani dia tidak merasakan efek apapun.

“Setelah disuntik tidak ada efek yang saya rasakan, tetapi memang sebelumnya agak takut. Tetapi setelah diberikan pemahaman dan ditemani Pak Bupati tadi, jadi tenang saya,” tutur Yati.

Editor : Erwin Sihombing