Daerah Diminta Habiskan Stok Vaksinasi Covid-19

Fahreza Rizky · Jumat, 16 Juli 2021 - 17:22:00 WIB
Daerah Diminta Habiskan Stok Vaksinasi Covid-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta daerah untuk tidak ragu menghabiskan stok vaksinasi Covid-19. Foto: Okezone

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah daerah diminta untuk tidak ragu menghabiskan stok vaksinasi Covid-19. Pasalnya pemerintah terus mendatangkan vaksinasi dari luar negeri.

Menkes Budi Gunadi Sadikin, usai mengikuti rapat secara virtual dengan Presiden Jokowi menyebutkan, stok yang ada di Indonesia sekarang ini sebanyak 75 juta dosis dan 56 juta diantaranya sudah disalurkan kepada masyarakat. Presiden memberi instruksi untuk menghabiskan sisa yang ada.

"Arahan bapak Presiden untuk vaksinasi ini agar dipercepat dan beliau memahami stok itu ditahan di daerah-daerah sebagai cadangan suntik kedua sebesar 19 juta dan beliau minta agar segera dihabiskan saja karena nanti akan ada dosis vaksin baru yang datang," tutur Budi, Jumat (16/7/2021).

Menurutnya, penyaluran sisa vaksinasi akan mempercepat akselerasi kekebalan kelompok(herd immunity). Pemerintah daerah diharapkan tidak menahan-nahan vaksin.

Menkes melanjutkan, Indonesia sudah mendatangkan bahan baku vaksinasi yang diperkirakan pada Agustus 2021 akan ada tambahan sekitar 30 juta dosis. Budi juga menjelaskan suntikan vaksin dosis kedua tidak harus sama persis pada hari yang telah ditentukan.

"Suntik kedua tidak harus persis hari itu, selisih satu atau dua hari pun tidak apa-apa. Jadi arahan Presiden pertama terkait vaksinasi, agar Pemda, TNI-Polri segera memanfaatkan stok yang ada di daerah-daerah sebesar 19 juta," ucapnya.

Editor : Erwin C Sihombing