Dampak Kenaikan BBM, Tarif Bus di Terminal Muntok Ikut Naik

Rizki Ramadhani · Senin, 05 September 2022 - 16:01:00 WIB
Dampak Kenaikan BBM, Tarif Bus di Terminal Muntok Ikut Naik
Suasana Terminal Muntok, Kabupaten Bangka Barat. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ikut dirasakan pelaku usaha jasa transportasi. Harga tiket bus antarkota dalam provinsi (AKDP) di Terminal Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, ikut mengalami kenaikan. 

Adanya kenaikan harga BBM ini membuat biaya operasional yang ditanggung perusahaan jasa transportasi menjadi naik.

"Sementara kami dari pihak mobil naikin jadi Rp50.000 dari sebelumnya Rp40.000. Hari ini sudah mulai naik. Belum ada penumpang yang mengeluh, masih normal sampai siang ini," kata Pengelola Bus, Herman, Senin (5/9/2022). 

Sementara, Angga selaku pengemudi bus menyebutkan rata-rata bahan bakar minyak yang dihabiskan untuk bus rute Muntok - Pangkalpinang sekitar 50 liter. 

"Tidak menentu, tergantung dengan kendaraan. Istilahnya kalau real pulang pergi Muntok - Pangkalpinang kurang lebih 50 liter, itu juga karena tidak nganter penumpang, hanya dari terminal ke terminal," ujar Angga. 

Kabid Perhubungan Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Perhubungan Babar, Juswardi mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait adanya kenaikan tarif bus ini.

"Kami nanti akan mencoba melaporkan hal ini ke atasan kami, yang kemudian diteruskan ke Dishub Provinsi dan Satlantas. Nanti penanganannya dan sosialisasinya seperti apa, apakah akan kita panggil pengusaha bus," kata Juswardi. 

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: