Demi Beli Smartphone untuk Belajar Daring, Siswi SD di Toboali Rela Ambil Upah Cuci Piring

Wiwin Suseno ยท Selasa, 14 September 2021 - 11:24:00 WIB
Demi Beli Smartphone untuk Belajar Daring, Siswi SD di Toboali Rela Ambil Upah Cuci Piring
Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid memberikan ponsel Android kepada Bilqis, anak yatim korban Covid-19. (Foto: iNews.id/Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Bilqis, anak yatim usia 11 tahun yang duduk di bangku kelas 6 SD di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, rela mengambil upah dari mencuci piring agar bisa menabung demi membeli smartphone untuk belajar daring. Sang ayah yang merupakan tulang punggung keluarga, meninggal dunia akibat Covid-19.

Sejak ayahnya meninggal, Bilqis dan adiknya yang baru berusia tiga tahun tinggal bersama ibunya Siti Nafiah yang hanya bekerja sebagai pedagang gorengan.

“Dari hasil jual gorengan hanya cukup buat makan. Suami saya meninggal beberapa minggu lalu akibat Covid-19,” ujar Siti Nafiah.

Namun impian Bilqis untuk memiliki smartphone diwujudkan langsung oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, dengan memberikan ponsel Android untuk mendukung anak yatim tersebut saat belajar daring.

"Saya dapat informasi, adek Bilqis ini katanya ngambil upah nyuci gelas untuk nabung beli smartphone. Makanya hari ini saya langsung berikan ponselnya, supaya dia bisa fokus belajar daring," katanya, Senin (13/09/2021).

Dia berharap Bilqis dapat memanfaatkan ponsel tersebut untuk meningkatkan prestasinya, mengingat saat ini Bilqis mendapat peringkat ke-5 di sekolahnya.

"Jangan dilihat besar kecilnya bantuan yang kami berikan. Niat kami hanya ingin menyentuh masyarakat yang benar-benar membutuhkan, terutama di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini," ujarnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2