Duh, Banyak Kasus Covid-19 di Bangka Tengah Berasal dari Klaster Keluarga

Antara ยท Sabtu, 12 Desember 2020 - 08:45:00 WIB
Duh, Banyak Kasus Covid-19 di Bangka Tengah Berasal dari Klaster Keluarga
Bupati Bangka Tengah Yulianto saat diwawancarai wartawan. (Foto: Antara).

KOBA, iNews.id - Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto, mengimbau warga patuh dalam menerapkan protokol kesehatan, termasuk tidak berkerumun. Banyak kasus di daerah tersebut berasal dari klaster keluarga.

"Kita harus terbiasa dengan adaptasi kebiasaan baru ini," kata Yuliyanto di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Jumat (11/12/2020).

Menurut dia, kasus Covid-19 di Kabupaten Bangka Tengah masih terus bertambah. Tercatat ada 261 warga terkonfirmasi positif corona, 211 sembuh, tiga meninggal dunia dan 47 masih dalam perawatan intensif.

"Melihat dari grafik kasus, maka harus lebih hati-hati dan warga harus benar-benar patuh terhadap protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19," ujarnya.

Dia mengatakan, kebanyakan penyebaran kasus di Bangka Tengah berasal dari klaster keluarga dan transmisi lokal. Karena itu warga harus disiplin dengan adaptasi kebiasaan baru ini, serta menjauhi kerumunan.

"Untuk memutus mata rantai penyebaran virus tentu harus dimulai dari warga dengan menjaga jarak atau hindari kerumunan, memakai masker dan selalu mencuci tangan," ujarnya.

Jubir Satgas COVID-19 Kabupaten Bangka Tengah dr Bahrun R Siregar mengatakan terjadi lonjakan kasus dalam beberapa hari belakangan yang berasal dari klaster keluarga.

"Penelusuran warga terkontak terus kami lakukan secara masif pada setiap kecamatan," ujarnya.

Dia mengimbau warga tetap taat terhadap protokol kesehatan COVID-19 dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan selalu mencuci tangan.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal