Evakuasi Warganya yang Positif Covid-19 dari Indonesia, Pangeran Saudi Kerahkan Pesawat Khusus

Anton Suhartono ยท Kamis, 15 Juli 2021 - 20:05:00 WIB
Evakuasi Warganya yang Positif Covid-19 dari Indonesia, Pangeran Saudi Kerahkan Pesawat Khusus
Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman memerintahkan evakuasi pasien Covid warganya dari Jakarta (Foto: Twitter/Modgovksa)

RIYADH, iNews.id - Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mengerahkan pesawat khusus untuk mengevakuasi seorang warganya yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari Indonesia pada Sabtu (10/7/2021). Pasien dibawa dari bandara di Jakarta menuju Riyadh oleh para petugas dari Departemen Evakuasi Medis Udara. 

Pesawat terbang selama 18 jam nonstop dari Riyadh menuju Jakarta. Waktu tempuh penerbangan ini menjadi rekor terlama memulangkan pasien ke Saudi. Bahkan melebihi waktu normal penerbangan Jakarta-Riyadh biasanya ditempuh 8-9 jam.

Penerbangan panjang dimaksudkan untuk memastikan keselamatan pasien maupun kru yang membawanya sebagai tindakan pencegahan penularan virus corona

Sejak awal 2021, pesawat evakuasi medis Saudi sudah memulangkan lebih dari 90 pasien Covid-19 tanpa ada satu pun kru yang terinfeksi. 

Kementerian Pertahanan Arab Saudi, seperti dikutip dari Arab News, menyatakan pasien dibawa dari bandara di Jakarta menuju Riyadh oleh para petugas dari Departemen Evakuasi Medis Udara. Tidak disebutkan identitas pasien tersebut.

Angkatan bersenjata Saudi mengoperasikan pesawat khusus evakuasi medis yang setiap tahunnya mengangkut lebih dari 2.500 pasien. Lebih dari 1.600 penerbangan dilakukan untuk membawa pasien dan personel angkatan bersenjata dari dalam dan luar negeri.

Editor : Ikhsa Firmansyah