Gerebek Tambang Timah Ilegal di Pangkalpinang, Polisi Tangkap 4 Pelaku

Haryanto ยท Jumat, 13 Mei 2022 - 21:30:00 WIB
Gerebek Tambang Timah Ilegal di Pangkalpinang, Polisi Tangkap 4 Pelaku
Polisi tertibkan tambang timah ilegal di Akit Kelurahan Semabung Lama, Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (9/4/2022). (Foto: iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Satreskrim Polres Pangkalpinang menggerebek tambang timah ilegal di kawasan Kolong Akit, Kelurahan Semabung Lama, Jumat (13/5/2022). 

Dari penggerebekan itu, petugas menangkap empat pelaku berikut alat tambang timah serta kendaraan.

Aksi penggerebekan tersebut sempat mengagetkan para penambang. Mereka berupaya kabur namun gagal lantaran lokasinya sudah dikepung petugas.

Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra mengatakan, penggerebekan tambang timah ilegal itu dilakukan karena keberadaannya meresahkan masyarakat serta merusak fasilitas umum. Sebab, lokasi tambang timah ilegal berada di dekat jalan raya.

“Ada empat orang yang diamankan dalam razia kali ini. Selain itu, turut diamankan barang bukti sepeda motor dan sejumlah peralatan yang digunakan para pelaku untuk menambang,” katanya.

Dia mengatakan, razia dilakukan menindaklanjuti laporan warga yang sangat terganggu dengan suara bising mesin dari aktivitas penambangan yang beroperasi malam hari.

“Aktivitas tambang ini sudah merusak pagar beton pembatas antara kolong dan jalan umum, bahkan para penambang semakin mendekati jalan saat petugas mendatangi lokasi ini,” katanya.

Penertiban tambang timah ilegal di lokasi ini bukan kali pertama dilakukan, bahkan imbuan agar tidak lagi menambang tak pernah diindahkan. Kini, empat orang bersama barang bukti dibawa ke Mapolres Pangkalpinang untuk diproses lebih lanjut.

Editor : Kastolani Marzuki

Bagikan Artikel: