Gubernur Babel Belajar Ternak Sapi ke Lampung

Haryanto ยท Kamis, 24 Juni 2021 - 14:44:00 WIB
Gubernur Babel Belajar Ternak Sapi ke Lampung
Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengunjungi kandang sapi yang dikelola Mat Aji, di Lampung, Kamis (24/6/2021). Gubernur ingin mempelajari ternak sapi untuk meningkatkan produksi Babel. Foto: Istimewa

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, belajar ternak sapi ke Provinsi Lampung. Gubernur belajar langsung dari pakarnya yakni, Mat Aji, untuk mengaplikasikannya di Babel.

Erzaldi mengaku termotivasi Mat Aji dalam beternak sapi. Dia berharap ilmu Mat Aji bisa ditiru oleh peternak di Babel.

"Pak Mat Aji ini menjadi motivasi saya untuk mengembangkan ternak sapi. Semoga juga dapat menjadi motivator bagi para peternak di Babel," kata Erzaldi, saat berkunjung ke kandang sapi Mat Aji, Kamis (24/6/2021).

Menurutnya, Mat Aji sosok pria sederhana yang mampu membuat sarana dan prasarana, guna memenuhi kebutuhan ternak sapi dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai. Untuk itu, gubernur meminta Mat Aji membantunya membina, memberi arahan serta saran kepada para peternak yang ada di Babel, agar hasil produksi ternak sapi meningkat. 

"Pada kesempatan itu kami membicarakan rencana kerja sama indukan kepada Mat Aji. Karena di peternakan Mat Aji ini juga sukses mengembangkan sapi limosin dan brahman yang terkenal akan ukurannya yang besar," ujarnya.

Dengan bantuan dan kerja sama itu, Gubernur berharap target swasembada daging sapi Babel pada 2025 dapat terwujud. Bahkan bisa membantu daerah lain melalui penjualan keluar daerah. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Babel, Juaidi Rusli, mengatakan, kehadirannya mendampingi Gubernur untuk melihat kesuksesan Mat Aji dalam mengelola ternak Sapi. Pihaknya ingin belajar banyak hal tentang peternakan, mulai dari konsep pengembangan hingga terkait dengan pola pemasaran. 

"Cara-cara tersebut akan adopsi dan kami kembangkan untuk meningkatkan hasil produksi ternak sapi yang di Babel," ucapnya.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: