Gubernur Babel Dorong Petani Manfaatkan Tasela

Rachmat Kurniawan ยท Kamis, 22 Oktober 2020 - 20:30:00 WIB
Gubernur Babel Dorong Petani Manfaatkan Tasela
Gubernur Babel, Erzaldi Roesman, melihat langsung panen padi sistem Tasela. (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id – Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mendorong petani agar dapat memanfaatkan Tanaman Sela Lada (Tasela). Hal ini guna meningkatkan produktivitas petani di Babel.

Antara satu tanaman lada dengan tanaman lada lain memiliki jarak yang cukup renggang, sehingga lahan di antara sela lada milik petani dapat dimanfaatkan dengan tanaman lain.

Hal ini telah dilakukan oleh petani Desa Puput, Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah yang telah berhasil menerapkan sistem Tasela.

“Tasela ini sudah dicoba oleh kelompok tani di Desa Puput dan telah panen. Di sela tanaman lada ditanami jahe, padi, kacang, kedelai dan komoditas lain,” ujar Gubernur Babel, Kamis (22/10/2020).

Erzaldi berharap, para petani dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan di sela-sela tanaman lada, sehingga penghasilan petani dapat meningkat.

“Sehingga yang tadinya hanya dapat dari hasil lada, dengan ini bisa menghasilkan pendapatan dari komoditas lain. Mungkin hasilnya bisa dua kali lipat,” katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah