Ini Penyebab Tenggelamnya Kapal MV Serasi Bermuatan 497 Kendaraan di Selat Bangka

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 01 Desember 2022 - 18:25:00 WIB
Ini Penyebab Tenggelamnya Kapal MV Serasi Bermuatan 497 Kendaraan di Selat Bangka
Kapal Basarnas saat mengevakuasi ABK MV Serasi I ke Pelabuhan Limbung Muntok. (Foto: iNews.id / Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Kapal MV Serasi I tenggelam di Perairan Selat Bangka, Bangka Selatan, Bangka Belitung, Kamis (1/12/2022) dini hari. Kapal kargo rute Patimban-Belawan itu mengangkut 497 kendaraan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Muntok, I Made Suartama mengatakan tenggelamnya kapal kargo ini usai ditabrak Kapal Batanghari Emas yang memuat peti kemas.

Sementara untuk penyebab kecelakaan laut tersebut, kata dia, diduga lantaran human error. Penyebab pastinya masih dilakukan proses investigasi lebih lanjut.

"Yang menabrak (Kapal MV Serasi) adalah Kapal Batanghari Emas. Sempat komunikasi setelah kejadian, sebab mereka tujuan ke Pelabuhan Tanjung Priok. Penyebab pasti belum kami lakukan investigasi, sementara ini human error," kata I Made Suartama.

Made menuturkan Kapal MV Serasi I ini mengangkut ratusan kendaraan dari Patiban Jawa Barat menuju Belawan Sumatera Utara.

"Total ada 497 kendaraan, terdiri atas golongan II itu ada satu unit, kendaraan golongan IV ada 445 unit, kendaraan golongan III ada 45 unit, kendaraan golongan V ada empat unit dan alat berat ada dua unit. Nilai kerugiannya belum bisa ditaksir," ujarnya.

Sementara itu, kata dia, untuk kondisi Kapal MV Serasi I saat ini sudah dinyatakan kandas atau karam.

"Kondisi Kapal MV Serasi I dinyatakan kandas dan terakhir karam. Jarak tempat kejadian dari Pelabuhan Muntok kurang lebih 60 mil," ucapnya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsBabel di Google News

Bagikan Artikel: