Ini Sosok Ridwan Djamaludin, Putra Terbaik Muntok Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 12 Mei 2022 - 12:00:00 WIB
Ini Sosok Ridwan Djamaludin, Putra Terbaik Muntok Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel
Foto Ridwan Djamaludin semasa remaja yang masih disimpan keluarganya di Muntok. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian resmi melantik Ridwan Djamaluddin menjadi pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Bebel), Kamis (12/5/2022). Pelantikan tersebut usai masa kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman dan Abdul Fatah yang berakhir pada 12 Mei 2022.

Sebelum ditunjuk menjadi Pj Gubernur, Ridwan menduduki jabatan Dirjen Minerba Kementerian ESDM di bawah kepemimpinan Arifin Tasrif sejak Agustus 2020 lalu. 

Ridwan merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Geologi 1982. Ia kemudian mengambil gelar master di University of Twente Belanda dan meneruskan gelar doctor di Texas A&M University, Amerika Serikat.

Sebelum menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Ridwan menyelesaikan pendidikan SD dan SMP di kota kelahirannya Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Ia merupakan alumni SD dan SMP Santa Maria Muntok dan kemudian melanjutkan jenjang SMA di Santo Aloysius Bandung. 

Di mata kerabat dekat, sosok pria kelahiran 24 Maret 1963 tersebut digambarkan sebagai seorang pria yang tak banyak bicara. Namun Ridwan juga dikenal sebagai sosok yang tegas dan disiplin. 

"Sosok kecil Pak Ridwan ini anaknya biasa saja tidak banyak bicara dan tidak berlebihan juga, dengan teman-teman bermain biasa saja. Dia kelahiran Muntok, SD dan SMP juga di Muntok,” kata kakak kandung Ridwan Djamaludin, Atika.

Selanjutnya, kata dia, Ridwan Djamaludin menempuh pendidikan SMA di Bandung, Jawa Barat.

“Kalau pinternya udah kelihatan dari kecil, karena sering ranking di kelas. Tapi memang orangnya memiliki prinsip tegas dan disiplin dari dulu. Kalo janji ketemu sama orang tepat waktu," ucap Atika.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: