Jelang Pemberlakuan Larangan Mudik, Pelabuhan Tanjung Ru Babel Terpantau Normal 

Antara · Senin, 03 Mei 2021 - 17:01:00 WIB
Jelang Pemberlakuan Larangan Mudik, Pelabuhan Tanjung Ru Babel Terpantau Normal 
Supervisor PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bangka Lintasan Penugasan Penyeberangan Sadai - Tanjung Ru, Janner Sinaga. Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Kondisi Pelabuhan Tanjung Ru, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung (Babel) nampak normal. Tidak ada lonjakan penumpang yang mudik lebih awal jelang pemberlakuan larangan mudik selama 6-17 Mei 2021.

Supervisor PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry cabang Belitung, Janner Sinaga mengungkapkan, lalu lintas orang di Pelabuhan Tanjung Ru tidak mengalami lonjakan yang signifikan dibanding akhir pekan lalu.

"Kami perkirakan tetap normal tidak ada kenaikan yang tinggi hanya angkutan logistik saja," ujar Janner, di Belitung, Senin (3/5/2021), memperkirakan situasi ke depan. 

Menurut dia, selama masa peniadaan mudik angkutan penyeberangan di pelabuhan tersebut tetap beroperasi seperti biasanya namun hanya diperuntukkan bagi angkutan kendaraan dan logistik saja.

Janner menambahkan, layanan kapal penyeberangan masih tetap berjalan normal dimana ASDP mengoperasikan satu unit KMP. Gorare dengan dua kali keberangkatan dalam sepekan.

"Rutenya adalah pelabuhan Tanjung RU di Belitung menuju pelabuhan Sadai di Kabupaten Bangka Selatan setiap hari Selasa dan Sabtu pukul 17:00 WIB," ujarnya.

Sedangkan untuk perjalanan penumpang mulai 6 Mei mendatang akan diperketat dan diawasi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

"Mulai 6 Mei hanya penumpang tertentu saja contohnya adalah perjalanan yang memiliki surat tugas, berobat atau sakit sedangkan pemudik jelas tidak diperbolehkan," katanya.

Editor : Erwin Sihombing