Kasus Kekerasan Anak di Bangka Tengah Turun

Rachmat Kurniawan ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 10:37:00 WIB
Kasus Kekerasan Anak di Bangka Tengah Turun
Kepala DPPKBPPPA Kabupaten Bangka Tengah, Dede, mengungkapkan kasus kekerasan anak mengalami penurunan pada pertengahan 2021 ini. Namun kasus kekerasan seksual terhadap anak masih dominan. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Angka kasus kekerasan anak di Bangka Tengah mengalami penurunan pada pertengahan tahun 2021 ini. Tercatat terdapat 11 kasus anak sementara pada 2020 terdapat 35 kasus.

Sekalipun begitu, Kadis Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBPPPA) Bangka Tengah, Dede, mengungkapkan, kasus kekerasan seksual masih mendominasi kasus anak. Pelakunya merupakan orang dewasa pada lingkungan terdekat.

"Kita lihat berdasarkan data kasus kekerasan anak tahun ini sampai dengan Agustus ini ada penurunan, di mana sebelumnya pada tahun 2020 ada 35 kasus, sedangkan untuk tahun ini menurun dan tercatat sebanyak 11 kasus. Jumlah korban mencapai 17 orang," kata Dede, Kamis (19/8/2021). 

Dede menyebatkan, Bangka Tengah telah menjadi salah satu kabupaten layak anak. Maka kegiatan sosialisasi pencegahan kasus terhadap anak harus ditingkatkan.

"Kasus kekerasan pada anak di kita memang paling banyak terjadi pada kekerasan seksual, yang mana pelakunya ini adalah para orang-orang dewasa terdekat. Di mana seharusnya mereka ini melindungi malah menghancurkan anak-anak dan kita menggencarkan sosialisasi guna menekan kasus kekerasan anak," ujar Dede.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: