Kejari Bangka Tengah Sidik Kasus Korupsi Dana Hibah KONI

Rachmat Kurniawan ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 16:55:00 WIB
Kejari Bangka Tengah Sidik Kasus Korupsi Dana Hibah KONI
Kajari Bangka Tengah menggelar konferensi pers penyidikan perkara korupsi dana hibah KONI, Kamis (22/7/2021). Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bangka Tengah menyidik kasus dugaan korupsi dana dana hibah di Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) tahun 2019. Kajari Bangka Tengah, Baharuddin, menyebutkan adanya indikasi kerugian negara dalam kasus tersebut.

"Kita saat ini telah menaikkan setatus penyelidikan ke penyidikan terhadap dugaan korupsi dana hibah dari pemda kepada KONI Kabupaten Bangka Tengah tahun 2019," ujar Baharuddin, Kamis (22/7/2021).

Kerugian negara dalam perkara tersebut, kata Baharuddin, masih dalam tahap penghitungan BPKP. Penyidik juga sudah menetapkan tersangka namun dia belum mau mengungkapkannya.

"Terkait kerugian negara lagi dihitung, nanti saja kalau sudah ada hasil dari BPKP. Tersangka juga sudah ada namun belum kami sampaikan dalam kesempatan ini," kata dia.

Kejari Bangka Tengah telah menangani lima perkara korupsi  hingga Juli 2021. Empat kasus diantaranya merupakan limpahan kasus.

"Lima kasus tersebut adalah dugaan korupsi KONI Kabupaten Bangka Tengah, dua kasus dana BUMDes dan kasus terkait perbankan. Selain itu kami juga menangani tindak pidana khusus, hingga Juli 2021 kami menangani sebanyak 70 kasus tindak pidana umum," katanya.

Editor : Erwin C Sihombing