Ketahuan Hamil, Calon Jemaah Haji Tanjungpinang Batal ke Tanah Suci

Antara ยท Rabu, 15 Juni 2022 - 12:30:00 WIB
Ketahuan Hamil, Calon Jemaah Haji Tanjungpinang Batal ke Tanah Suci
Jemaah haji kloter pertama embarkasi Bandara Hang Nadim, Batam. (Antara)

BATAM, iNews.id - Seorang calon jemaah haji perempuan asal Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri) batal berangkat ke Tanah Suci. Perempuan yang masuk dalam kloter pertama itu ternyata sedang hamil.

"Pihak kesehatan tidak mengizinkan dan otoritas Saudi juga tidak mengizinkan, karena dikhawatirkan terjadi sesuatu seperti keguguran," ujar Ketua PPIH Embarkasi Bandara Hang Nadim, Mahbub di Batam, Rabu (15/6/2022).

Mahbub menambahkan, ibadah haji memerlukan ketangguhan fisik dan memiliki risiko cukup besar karena banyak dilakukan di alam terbuka seperti di Arafah, Muzdalifah dan Mina.

Kendati gagal berangkat tahun ini, Mahbub mengatakan calon jemaah ini akan masuk dalam daftar prioritas tahun berikutnya. 

"Calon haji yang gagal berangkat pada tahun ini akan dimasukkan dalam daftar prioritas pada tahun berikutnya sambil menunggu kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi," ujarnya.

Menurut Mahbub, waktu tunggu antrean jemaah haji di Kepri antara 10-12 tahun. Namun bisa berubah berdasarkan kondisi tertentu.

"Antrean masa tunggu di Kepri di atas 10 tahun dan akan berubah berdasarkan kota dan provinsi," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: