KM Berkat Niaga Terbakar di Perairan Bangka Barat, 9 ABK Terjun ke Laut

Ikhsa Firmansyah ยท Rabu, 01 Desember 2021 - 21:22:00 WIB
KM Berkat Niaga Terbakar di Perairan Bangka Barat, 9 ABK Terjun ke Laut
KM Berkat Niaga terbakar di perairan Pantai Bembang Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung. (Foto: ist)

BANGKA BARAT, iNews.id - KM Berkat Niaga terbakar di perairan Pantai Bembang Jebus, Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel), Rabu (1/12/2021). Dalam peristiwa tersebut, sembilan orang anak buah kapal (ABK) menyelamatkan diri dengan cara terjun ke laut.

“Kebakaran terjadi tadi sore sekitar pukul 17.45 WIB. Kami mendapat laporan dari KSOP Muntok selang 15 menit dari kejadian,” kata Kepala Kantor SAR Pangkalpinang, Fazzli.

Mendapat laporan tersebut, Basarnas Babel langsung bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan di perairan Pantai Bembang Jebus Bangka Barat.

“Kami menggerakkan personel Unit Siaga Muntok dan Pos AL ke lokasi kejadian serta berkoordinasi dengan kelompok nelayan setempat untuk meminta bantuan,” ujarnya.

Dia mengatakan, nelayan yang sedang berada di sekitar Pantai Jebus berhasil menyelamatkan sembilan orang ABK KM Berkat Niaga dalam keadaan aman. 

“Pada saat terjadi kebakaran, sembilan orang ABK tersebut menyelamatkan diri dengan terjun ke laut menggunakan peralatan rakit seadanya,” ucapnya.

Sementara itu, kata dia, identitas para korban yang selamat sedang dalam penggalian informasi lebih lanjut oleh anggota tim di lapangan.

“Sampai saat ini penyebab kebakaran belum diketahui,” katanya.

Sebelumnya KM Berkat Niaga ini bertolak dari Palembang menuju Pontianak, namun di tengah perjalanan kapal bermuatan karet tersebut mengalami kebakaran.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: