Kurir Ditangkap di Pelabuhan Muntok, 2 Kg Sabu Siap Diedarkan Malam Tahun Baru

Haryanto ยท Jumat, 25 Desember 2020 - 11:19:00 WIB
Tim gabungan TNI AL dan BNN Provinsi Bangka Belitung menangkap kurir sabu di Pelabuhan Muntok, Bangka Barat, Bangka Belitung, Kamis (24/12/2020). (Istimewa))

PANGKALPINANG, iNews.id - Tim gabungan TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung menangkap kurir sabu-sabu di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat. Dari tangan pelaku diamankan barang bukti 2 kilogram sabu-sabu yang akan diedarkan saat malam perayaan tahun baru 2021.

Pelaku diamankan saat turun dari kapal penumpang dari Palembang tujuan Tanjung Kalian Muntok, pada Kamis (24/12/2020) sore.

"Berdasarkan info dari BNNP Babel, kami bisa memberikan aksi dan mengamankan pelaku ini," kata 
Danlanal Bangka Belitung, Kolonel Dudik Kuswoyo Jumat (25/12/2020).

Usai diamankan, pelaku digiring ke Pos TNI AL Muntok. Saat di periksa dua paket diduga sabu-sabu yang dikemas dalam dua bungkus teh Cina ditemukan.

Barang bukti obat setan yang diperkirakan seberat 2 Kg itu pun, membuat pelaku tak berkutik dan mengakui akan mengantarkannya ke pemasan yang ada di Kota Pangkalpinang, untuk diedarkan disana.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, pelaku kemudian di giring ke Kantor Pomal TNI AL di Pangkalpinang, sebelum kemudian di bawa ke BNNP Babel, guna pengembangan jaringannya.

"Untuk sementara hasil interogasi barang berasal dari Palembang, Sumatra Selatan," ujar Dudik.

Kepala BNNP Babel, Brigjen Pol. Suparwoto, memastikan, dua bungkus benda seberat 2 Kg yang terbungkus teh Cina, merupakan narkotika jenise sabu-sabu.

"Sudah kami cek dan dipastikan itu positif sabu-sabu. Namun akan kami tes lagi di laboratorium," ucap Suparwoto.

Ia menduga, narkotika senilai Rp3 miliar itu, akan diedarkan di malam tahun baru. "Bisa jadi karena sebentar lagi tahun baru. Tapi tidak tahu baru juga akan laku juga," katanya.

Editor : Reza Yunanto