Membandel, 6 Ponton Tambang Ilegal di Toboali Dibongkar Paksa Petugas

Wiwin Suseno ยท Jumat, 08 Januari 2021 - 21:48:00 WIB
Membandel, 6 Ponton Tambang Ilegal di Toboali Dibongkar Paksa Petugas
Proses pembongkaran paksa enam ponton TI tungau di Toboali. (Foto: iNews.id/Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Sebanyak enam unit ponton tambang inkonvensional (TI) jenis tungau yang masih nekat beroperasi di perairan Sukadamai Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dibongkar paksa oleh petugas gabungan TNI/Polri, Jumat (8/1/2021). Pembongkaran ponton atau peralatan tambang timah ini terpaksa dilakukan lantaran para penambang liar tak mengindahkan imbauan aparat.

Sebelumnya,petugas telah mengimbau para penambang untuk tidak lagi melakukan aktivitas penambangan ilegal dan meminta pemilik tambang agar segera membongkar pontonnya masing-masing.

"Enam yang kami bongkar. Kemarin sudah kami ingatkan supaya segera dibongkar, namun masih bandel juga. Jadi penertiban hari kedua ini kami bongkar paksa, sesuai janji saya kemarin," kata Karo Ops Polda Babel, Kombes Pol Sihar Manurung, Jumat (08/01/2021).

Sementara itu, kata dia, tidak ada penambang yang diamankan dalam penertiban hari kedua ini. Namun ponton yang dibongkar tersebut dibawa ke Mapolres Bangka Selatan untuk dijadikan barang bukti.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para penambang yang telah membongkar sendiri masing-masing pontonnya.K ami harap masyarakat dapat mengerti dengan kondisi ini," ucapnya.

Pantaun awak media hingga Jumat sore, nampak tidak ada lagi aktivitas penambangan ilegal dengan menggunakan ponton TI tungau di sepanjang bibir pantai Kelurahan Tanjung Ketapang Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Editor : Ikhsa Firmansyah