Merokok di Kawasan Terlarang, 10 Pegawai Pemkab Bangka Barat Didenda Rp50.000

Rizki Ramadhani · Rabu, 27 Oktober 2021 - 15:15:00 WIB
Merokok di Kawasan Terlarang, 10 Pegawai Pemkab Bangka Barat Didenda Rp50.000
Sebanyak 9 pegawai di lingkungan Pemkab Bangka Barat disanksi denda Rp50.000 karena merokok di tempat terlarang. (Foto: iNews/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Sebanyak 10 pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat melanggar aturan merokok di kawasan terlarang. Mereka dikenakan sanksi denda Rp50.000.

Sepuluh pegawai tersebut terdiri atas 4 pegawai negeri sipil (PNS) dan 6 pegawan honorer.

"Pagi tadi, mulai jam 9 kami melaksanakan razia yustisi pelanggar rokok, penegakkan Perda nomor 8 tahun 2016 pasal 19 tentang pelanggaran rokok. Karena Pemda khususnya ruang kerja termasuk kawasan dilarang merokok, kita mendatangi setiap Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), " ujar Kabid Gakkum Satpol PP Bangka Barat, Des Kurniawan, Rabu (27/10/2021).

Sebanyak sembilan orang langsung menjalani proses persidangan yang digelar oleh hakim Pengadilan Negeri Muntok di Ruang OR II, Gedung Kantor Bupati Bangka Barat. Masing-masing dikenakan pasal 19 ayat (1) dan dikenakan sanksi denda sebesar Rp50.000.

"Kami mendapatkan 10 pelanggar yang sedang merokok dan hari ini juga dilaksanakan sidang. Satu tidak hadir pegawai honorer di Dinas Pertanian. Untuk yang tidak hadir sanksinya akan kita serahkan kepada kepala OPD karena ini pelanggaran perda," ucapnya.

Selain area perkantoran, larangan merokok juga berlaku di sejumlah fasilitas umum yang merupakan kawasan tanpa rokok.

"Untuk area-area yang tidak bisa dilakukan aktifitas merokok misalkan ruang kerja, sarana pendidikan, di sekolah, sarana kesehatan di puskesmas, serta rumah sakit dan tempat-tempat umum dan ini akan dilaksanakan, " tuturnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: