Pandemi Covid-19, Bangka Barat Dorong Pelaku UMKM Maksimalkan E-Commerce

Rizki Ramadhani ยท Kamis, 14 Januari 2021 - 15:19:00 WIB
Pandemi Covid-19, Bangka Barat Dorong Pelaku UMKM Maksimalkan E-Commerce
Kabid Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Aad Tirta Fujaka. (Foto: iNews.id/Rizki Ramadhani)

BANGKA BARAT, iNews.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat meminta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayahnya agar dapat bertahan di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya dengan cara mengembangkan sarana pemasaran melalui e-commerce.

Kepala Bidang Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Aad Tirta Fujaka mengatakan, selain memberikan bantuan melalui program Dana Insentif Daerah (DID) Pemkab Bangka Barat, pihaknya telah membuka jalan bagi pelaku usaha UMKM untuk memperluas penjualan melalui e-commerce. 

"Kami terus berupaya mendorong pelaku UMKM untuk masuk ke pasar e-commerce, agar tetap eksis usahanya. Sehingga memperluas jaringan pasar yang pasti akan membantu penjualan di masa pandemi seperti saat ini," katanya, Kamis (14/1/2021). 

Tirta mengatakan, Jika kondisi sudah normal pihaknya bersama Bappeda berencana menyiapkan lokasi untuk dibuat Alun-Alun Muntok di tengah kota.

“Lokasi tersebut dijadikan pusat sentra penjualan hasil dari pelaku usaha UMKM di Kabupaten Bangka Barat," ucapnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah