Pangdam Jaya Usul Bubarkan FPI, MUI Babel: Kami Mendukung, Tapi…

Haryanto · Jumat, 20 November 2020 - 20:15:00 WIB
Pangdam Jaya Usul Bubarkan FPI, MUI Babel: Kami Mendukung, Tapi…
Massa Front Pembela Islam (FPI) membuat barikade pagar manusia sepanjang sekitar 500 meter dari Terminal3 Bandara Soekarno-Hatta sampai ke area parkir. (Foto : SINDOnews/Hasan Kurniawan)

PANGKALPINANG, iNews.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung (Babel) turut menanggapi pernyataan Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman yang mengusulkan pembubaran Front Pembela Islam (FPI). MUI mendukung apa yang dilakukan pemerintah asal sudah sesuai dengan aturan.

"Kami mendukung apa yang dilakukan pemerintah tapi semua harus sesuai aturan yang berlaku, tidak boleh gegabah membubarkan begitu saja, apalagi sampai menyalahi peraturan," kata Ketua MUI Babel, Zayadi Hamzah, Jumat (20/11/2020).

Zayadi juga enggan berkomentar lebih jauh tentang masalah tersebut, namun tetap menghormati apa yang dilakukan pemerintah.

Gubernur Babel, Erzaldi Rosman mengatakan, apa yang dilakukan oleh pemerintah tentunya sudah sesuai dengan aturan yang sudah ada. 

"Selama itu melanggar aturan, tentunya petugas sudah tahu apa yang harus dilakukan," kata Erzaldi, Jumat (20/11/2020).

Dia pun enggan berkomentar lebih jauh, lalu bergegas melanjutkan kegiatannya.

Sebelumnya, Panglima Daerah Komando Militer Jaya/Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung Abdurachman siapa pun yang ada di Indonesia harus taat hukum, termasuk Front Pembela Islam (FPI) pimpinan Habib Rizieq Shihab. Bahkan, dia tak segan menyebut kalau perlu FPI dibubarkan saja jika tidak taat hukum. 

"Kalau perlu, FPI bubarkan saja. Kok mereka yang atur. Suka atur-atur sendiri," kata Dudung usai apel kesiagaan bencana di Monas, Jakarta, Jumat (20/11/2020). Pernyataan Dudung tersebut awalnya mengomentari video viral soal pencopotan baliho Habib Rizieq Shihab oleh sejumlah petugas berbaju loreng hijau. Dudung menegaskan, pencopotan baliho raksasa itu atas perintahnya.


Editor : Kastolani Marzuki