Pemilik Tambang Ilegal di Toboali Diamankan, Polisi Sita Ponton dan Bijih Timah

Wiwin Suseno · Selasa, 05 Juli 2022 - 18:03:00 WIB
Pemilik Tambang Ilegal di Toboali Diamankan, Polisi Sita Ponton dan Bijih Timah
Ponton tambang yang diamankan Satpolair Polres Bangka Selatan. (Foto: Ist)

BANGKA SELATAN, iNews.id - Satpolair Polres Bangka Selatan mengamankan JD (30) pemilik tambang ilegal di Perairan Sukadamai Toboali, Bangka Selatan, Bangka Belitung, Senin (3/7/2022). Polisi juga menyita barang bukti satu unit ponton tambang dan satu kampil bijih timah.

Kasat Polair Polres Bangka Selatan, IPTU Rio Tarigan mengatakan penertiban berawal dari laporan masyarakat terkait maraknya penambangan ilegal yang mengganggu aktivitas nelayan di perairan itu.

“Anggota kemudian menyetop aktivitas penambangan ilegal tersebut dan mengamankan satu unit ponton tambang jenis upin ipin ke Pelabuhan Ikan Jeki Sukadamai," katanya.

Selain itu, kata dia, polisi juga mengamankan seorang pemilik tambang dan barang bukti satu kampil bijih timah hasil penambangan ilegal ke Mapolres Bangka Selatan, guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Selanjutnya kami akan melakukan pemeriksaan saksi-saki dan melengkapi administrasi penyidikan," ujarnya.

Tersangka, kata dia, akan disangkakan dengan Pasal 35 sesuai dalam Pasal 158 UU RI Nomor 3 Tahun 2020 tentang perubahan atas UU RI Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

“Tersangka terancam pidana penjara paling lama lima tahun dan denda paling banyak Rp100 miliar,” katanya.

Editor : Ikhsan Firmansyah

Bagikan Artikel: