Pemkab Bangun Gedung Isolasi Pasien Covid di Belitung Timur, Begini Fasilitasnya

Antara · Sabtu, 16 Januari 2021 - 09:35:00 WIB
Pemkab Bangun Gedung Isolasi Pasien Covid di Belitung Timur, Begini Fasilitasnya
Ruang isolasi pasien Covid. (Foto: Antara).

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Pemerintah membangun gedung khusus untuk pasien Covid-19 di Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Fasilitas ini siap dioperasikan RSUD dengan total biaya Rp3,4 miliar.

Direktur RSUD Belitung Timur, Vonny Primasari mengatakan, gedung isolasi memiliki delapan kamar khusus untuk pasien Covid-19 dengan gejala sedang dan berat.

"Setiap kamar untuk satu orang dengan dinding kaca transparan yang dilengkapi dengan fasilitas ventilator udara," kata Vonny di Kabupaten Belitung Timur, Babel, Jumat (15/1/2021).

Ada empat kamar diperuntukan bagi pasien Covid-19 dengan gejala kasus berat, tiga kamar untuk kasus sedang dan satu kamar khusus pasien yang menjalani persalinan.

"Peralatan medis tersendiri semuanya kita pisah. Perawat masuk lewat pintu tersendiri, semua ruangan juga pakai kaca untuk mempermudah perawat memantau kondisi pasien," ujar dia.

Ia mengatakan, gedung isolasi hanya khusus untuk merawat pasien dengan gejala sedang dan berat. Sedangkan pasien dengan status orang tanpa gejala (OTG) atau ringan tetap isolasi mandiri.

"Dengan adanya fasilitas baru ini, otomastis ruangan isolasi yang lama tidak akan digunakan. Ruangan lama yang berada tepat di seberang gedung isolasi rencananya akan digunakan untuk tempat cuci darah," ujarnya.

Editor : Andi Mohammad Ikhbal