Pemprov Babel Hentikan Penerimaan Tenaga Honorer, Kepala OPD Diminta Setop Rekrutmen

Antara · Selasa, 28 Juni 2022 - 09:20:00 WIB
Pemprov Babel Hentikan Penerimaan Tenaga Honorer, Kepala OPD Diminta Setop Rekrutmen
Sekda Provinsi Babel, Naziarto (kiri) dan Penjabat Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin (tengah) dalam rapat koordinasi. (Foto: ANTARA)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) menghentikan penerimaan tenaga honorer. Keputusan ini mengikuti wacana pemerintah pusat yang akan menghapus tenaga honorer pada 2023.

Terkait hal itu, Sekretaris Daerah Provinsi Babel Naziarto meminta Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) tak lagi melakukan rekrutmen tenaga honorer.

"Saya minta kepala OPD tidak lagi merekrut tenaga honorer ini," kata Naziarto dalam rapat koordinasi di Pangkalpinang, Senin (27/6/2022).

Menurutnya, jumlah tenaga honorer di lingkungan Pemprov Babel mencapai 5.000 orang. Seluruhnya akan diberhentikan jika pemerintah pusat pada 2023 resmi menghapus tenaga kontrak di lingkungan pemerintahan.

"Ini harus menjadi perhatian kita, mengingat tenaga honorer di lingkungan pemprov sudah mencapai ribuan orang," katanya.

Dia berharap pemerintah kabupaten dan kota di Babel juga tidak lagi merekrut tenaga honorer. Hal ini untuk mengurangi dampak pengangguran akibat kebijakan penghapusan tenaga honorer.

"Penghapusan tenaga honorer ini tentunya dikhawatirkan akan menimbulkan tingkat pengangguran di daerah ini," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: