Penambang Timah Ilegal di Babel Kocar Kacir Digerebek Polisi, 4 Ditangkap

Haryanto ยท Jumat, 30 April 2021 - 13:18:00 WIB
Penambang Timah Ilegal di Babel Kocar Kacir Digerebek Polisi, 4 Ditangkap
Satreskrim Polres Pangkalpinang, mengamankan alat dan pelaku tambang Ilegal di Pangkalpinang. Foto : iNews.id/Haryanto

PANGKALPINANG, iNews.id - Penambang pasir timah Ilegal di kawasan Komplek Perkantoran Gubernur Bangka Belitung (Babel), lari kocar kacir ketika digerebek petugas, pada Jumat (30/4/2021) dini hari. 4 orang berhasil diamankan dalam razia tersebut, termasuk peralatan tambang.

Razia dipimpin langsung oleh Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang, AKP Adi Putra melibatkan Tim Buser Naga bersama Unit II Tipiter (Tindak Pidana Tertentu). 

"Para pelaku ini sudah kami lakukan upaya persuasif dengan peringatkan berkali-kali untuk menghentikan kegiatannya. Namun mereka tetap membandel, makanya kami ambil tindakan tegas hari ini," kata Adi Putra.

Empat orang yang diamankan yakni Matraji (56), Faisal (29), Suparman (37) dan Dodi (18). Seluruhnya merupakan warga yang tinggal di Kota Pangkalpinang.

Menurut Adi, aktivitas pertambangan pasir timah ilegal sudah sangat meresahkan warga lantaran beroperasi di kolong spritus yang berdampingan dengan Kantor Gubernur Babel, Korem 045 Garuda Jaya, Mapolda Babel dan kantor Balai Latihan Kerja Provinsi Babel.

Para pelaku beroperasi pada tengah malam hingga dini hari dengan maksud  mengelabui petugas. Kali ini taktik mereka terbongkar dan 4 orang harus diamankan aparat.

"Selain empat orang pelaku, kami juga turut mengamankan peralatan tambang berupa tiga mesin Robin, tiga mesin dompeng, sepiral dua unit, drigen tujuh buah dan dua buah mesin win," ujar Adi Putra.

Adi melanjutkan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan adanya keterlibatan oknum arapat yang membekingi kegiatan ilegal tersebut.

"Kami akan menindak tegas para pelaku ini guna memberi efek jera," ucapnya.

Editor : Erwin Sihombing