Permudah Pelaku IKM, UPTD RPK Babel Ciptakan Aplikasi SI KELESAN

Haryanto ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 19:39 WIB
Permudah Pelaku IKM, UPTD RPK Babel Ciptakan Aplikasi SI KELESAN
Gambaran penggunaan SI KELESAN

PANGKALPINANG, iNews.id - UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Babel berencana membangun Sistem Informasi Kendali dan Layanan Kemasan (SI KELESAN). Sistem informasi kendali tersebut merupakan aplikasi dengan basis web.

Hal itu bertujuan untuk memudahkan para pelaku usaha Industri Kecil Menengah (IKM) se-Bangka Belitung, dalam memesan kemasan tanpa harus datang ke UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Babel.

Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK), Muslim El Hakim Kurniawan meyakini, dengan adanya SI KELESAN membawa dampak pada pengurangan biaya transportasi para pelaku usaha IKM. Selain itu, mengurangi kontak langsung serta kerumunan di masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Kedepannya retribusi Rumah Promosi dan Kemasan akan menjadi cashless retribution. Semuanya akan termonitor oleh sistem, baik pesanan, laporan perkembangan, maupun persediaan bahan baku," kata Muslim, Jumat (16/10/2020).

Oleh sebab itu, kata dia dengan adanya aplikasi ini tentunya dapat mempermudah para pelaku usaha IKM se-Babel dalam memesan kemasan di Rumah Promosi dan Kemasan UPTD Disperindag Babel.

“Harapannya, sesuai harapan pak gubernur sebagai inisiator sekaligus pendorong utama terbentuknya UPTD kemasan ini. Sehingga kemasan IKM di Babel naik kelas baik secara visual maupun secara fungsional dan dapat meningkatkan daya saing IKM. Baik di pasar lokal, nasional, maupun global,” ucapnya.

Akronim SI KELESAN diambil dari bahasa Belinyu, yang berarti empek-empek puntung yang belum digoreng (cuma direbus).


Editor : Ikhsa Firmansyah