Petani di Bangka Selatan Ini Sukses Budidaya Nilam untuk Parfum

Wiwin Suseno · Senin, 12 Juli 2021 - 10:34:00 WIB
Petani di Bangka Selatan Ini Sukses Budidaya Nilam untuk Parfum
Petani Nilam Desa Airbara, Bangka Selatan, Azib, bersama Ketua HKTI Yopi Jamhar sedang memanen nilam. Foto: iNews.id/Wiwin Suseno

BANGKA SELATAN, iNews.id - Seorang petani di Desa Airbara, Kecamatan Airgegas, Kabupaten Bangka Selatan, Azib, sukses membudidayakan tanaman nilam yang merupakan salah satu tanaman untuk bahan parfum. Usaha ini telah digeluti sejak enam bulan lalu.

Azib menanam nilam di atas lahan seluas 1 hektare di Desa Airbara. Sekali panen dalam waktu enam bulan Azib bisa mendapat cuan Rp50 juta.

"Untuk masa panen pertama itu sekitar 6 bulan kemudian selanjutnya bisa di panen beberapa kali lagi dengan jarak panen kurang lebih 4 bulan sesuai kesuburan tanaman. Penghasilan per hektare kurang lebih Rp50 juta setiap kali panen," kata Azib, Minggu (11/7/2021).

Azib memilih bertanam nilam karena bibitnya murah dan budi daya nya mudah. Dia juga menjual bibit nilam ke petani lain yang tertarik untuk menanam.

Selain itu, Azib merasa keuntungan dari budi daya nilam cukup besar. Terlebih nilam bisa dipanen berkali-kali dalam kurun waktu satu tahun.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Bangka Selatan, Yopi Jamhar memberi dukungan terhadap pengembangan budi daya nilam yang dilakukan oleh petani di Desa Airbara. Sebagian petani sejatinya telah mengetahui tanaman ini namun tidak dikembangkan karena merasa kesulitan menjual hasil panen.

"Sekarang Pak Azib sudah memulainya kembali dengan pemasaran yang sudah jelas. ini merupakan peluang ekonomi baru bagi petani kita dan harus kita dorong," kata dia.

Editor : Erwin C Sihombing