Pilkada 4 Kabupaten di Babel Tanpa Gugatan ke MK

Haryanto ยท Senin, 21 Desember 2020 - 16:50:00 WIB
Pilkada 4 Kabupaten di Babel Tanpa Gugatan ke MK
Presrilis Bawaslu Babel, nihilnya gugatan paslon di Pilkada Babel 2020, Senin (21/12/2020). (Foto : iNews.id/Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pilkada Serentak 2020 di empat kabupaten di Bangka Belitung (Babel) tak hanya suskes digelar, namun juga tanpa ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) dari masing-masing pasangan calon (paslon). Hal itu dipastikan setelah tanggal 18 Desember atau tiga hari pascarekapitulasi hasil perolehan suara paslon di tingkat kabupaten selesai dilaksanakan, tidak ada daftar laporan gugatan ke MK dari Babel. 

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Dewi Rusmala mengatakan, nihilnya gugatan ke MK lantaran jarak persentase perolehan suara cukup jauh dan tidak adanya pelanggaran yang dilakukan para paslon.

"Secara persentase perolehan suara cukup jauh dan tidak adanya temuan pelanggaran yang dilakukan para paslon. Sedangkan tanggal 18 terakhir paslon melakukan gugatan ke MK. Waktunya sudah lewat dan dipastikan Babel yang menggelar pilkada empat kabupaten, nol gugatan paslon ke MK," kata Dewi, Senin (21/12/2020).

Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Babel, Firman TB Pardede menambahkan, nihilnya pelanggaran yang dilakukan paslon tak lepas dari peran Bawaslu dan semua pihak yang dengan ketat melakukan pengawasan dan pencegahan pelanggaran.

"Tercatat ada 31 kali imbauan di tahapan pemungutan suara dan sebanyak 16 kali imbauan larangan melakukan pelanggaran pada tahapan pemungutan suara, yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu Provinsi Kepulauan Babel," kata Firman.

Meski demikian, kata dia, masih ditemukan sejumlah dugaan pelanggaran pada saat menjelang pemungutan suara hingga pascapemungutan suara.

"Sejumlah pelanggaran tersebut yakni ditemukannya satu TPS di Kabupaten Bangka Barat dan 12 TPS di Kabupaten Bangka Tengah, yang pernah dijadikan tempat berkampanye paslon," ujarnya.

"Dalam dugaan pelanggaran, jajaran Bawaslu Babel di kabupaten melalui Panwas Kecamatan mememberikan saran perbaikan kepada KPU dan PPK untuk memindahkan lokasi TPS," ucapnya. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: