RSUD Bangka Tengah Butuh 30 Tabung Oksigen dalam Sehari

Rachmat Kurniawan · Rabu, 14 Juli 2021 - 15:33:00 WIB
RSUD Bangka Tengah Butuh 30 Tabung Oksigen dalam Sehari
Rapat Percepatan penanganan Covid-19 di Ruang VIP Kantor Bupati Bangka Tengah. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Bangka Tengah membutuhkan pasokan 30 tabung oksigen dalam sehari. Pasalnya, jumlah pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSUD meningkat.

Kepala RSUD Bangka Tengah, dr Lismayoni, dalam rapat percepatan penanganan Covid-19 di Kantor Bupati, Rabu (14/7/2021) mengungkapkan, satu orang pasien membutuhkan satu tabung oksigen untuk satu jam. Ketersediaan stok 30 tabung oksigen di RSUD dalam sehari dirasakan mendesak sekarang ini.

"Ada pasien yang bisa menghabiskan satu tabung oksigen dalam satu jam. Selain itu dalam satu hari kebutuhan oksigen kita mengalami peningkatan sebanyak 30 tabung oksigen," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Sekertaris Daerah Bangka Tengah, Sugianto meminta, RSUD berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk menyusun kebutuhan anggaran dan segera melaporkannya. Dia meminta laporan kebutuhan disusun terperinci.

"Karena ini bersifat darurat maka segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan semua usulan segera sampaikan ke saya untuk dilakukan kajian anggarannya," kata Sekda. 

Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Erfian Roesman, mendukung penuh pemenuhan kebutuhan fasilitas di RSUD. Hanya saja terdapat kendala pasokan oksigen karena pemasoknya hanya satu.

"Kita juga memahami pentingnya kebutuhan oksigen ini untuk selalu tersedia bagi pasien Covid-19, namun memang kendalanya saat ini pemasok oksigen di Pulau Bangka ini cuma ada satu. Kita harap pemasok ini mampu memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 di daerah kita," kata Herry.

Editor : Erwin C Sihombing