RSUD Magretti Saumlaki Kelangkaan Obat, Begini Tanggapan Pemda

Antara ยท Sabtu, 14 November 2020 - 10:45:00 WIB
RSUD Magretti Saumlaki Kelangkaan Obat, Begini Tanggapan Pemda
RSUD Magretti Saumlaki di Kepulauan Tanimbar, Maluku. (Foto: Antara).

SAUMLAKI, iNews.id - Pelayanan kesehatan di RSUD Magretti Saumlaki dipastikan tetap berjalan meskipun terjadi kelangkaan obat. Solusi sementara ini pemerintah daerah (pemda) akan bertemu dengan jasa penyedia untuk pengadaan obatnya.

Penjabat Sekda Kepulauan Tanimbar, Ruben Benharvioto Moriolkosu mengatakan, sudah melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi kelangkaan obat-obatan dan bahan habis pakai RSUD Magretti Saumlaki.

"Pada prinsipnya pelayanan rumah sakit masih tetap berjalan seperti biasa. Obat yang tersedia masih bisa melayani masyarakat," kata Ruben di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, obat-obat tertentu yang tidak tersedia, sudah dikomunikasikan dengan pihak penyedia. Mereka diminta melakukan pengadaan agar tidak terjadi kelangkaan.

Sebelumnya Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon mengatakan, kekurangan obat-obatan di RSUD dr PP Magretti Saumlaki karena manajemen rumah sakit tidak mampu mengendalikan proses pengadaan obat-obatan dan bahan habis pakai.

Kondisi itu, kata Petrus, sudah terjadi selama kurun waktu empat tahun terakhir akibat rumah sakit masih menunggak utang Rp3 miliar lebih.

Akibatnya, masyarakat yang berobat di RSUD rujukan Covid-19 itu masih membeli obat dari luar sesuai dengan resep dokter. Penyedia obat baru akan menyuplai kebutuhan obat setelah utang dilunasi.


Editor : Andi Mohammad Ikhbal