Rumah Karantina Sudah Penuh, Masyarakat Bangka Tengah Harus Disiplin Prokes

Rachmat Kurniawan · Rabu, 28 April 2021 - 13:19:00 WIB
Rumah Karantina Sudah Penuh, Masyarakat Bangka Tengah Harus Disiplin Prokes
Rumah Karantina Kabupaten Bangka Tengah di gedung diklat BKSDMD Bangka Tengah. Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan

BANGKA TENGAH, iNews.id – Rumah karantina yang berada di sejumlah titik di Kabupaten Bangka Tengah sudah dipenuhi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19. Menyikapi hal ini, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun, meminta masyarakat dapat meningkatkan kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19.

“Saat ini rumah karantina kita yang berada di gedung diklat Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKSDMD) Kabupaten dan belasan rumah dinas di komplek perumahan Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah telah penuh dengan pasien. Seiring dengan kasus Covid-19 yang meningkat ini, kita bersama Gugus Tugas tidak bosan-bosanya meminta masyarakat dapat lebih menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19,” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun pada Rabu (27/04/2021).

Zaitun menegaskan, untuk menekan laju penyebaran Covid-19 di Bangka Tengah, dibutuhan kolaborasi dari masyarakat. Selain harus disiplin menerapkan protokol kesehatan, masyarakat tentunya di minta untuk mendukung vaksinasi Covid-19 yang saat ini terus berjalan.

“Selain melakukan penanganan, kita juga terus berupaya memaksimalkan vaksinasi karena itu salah satu yang bisa mencegah penyebaran Covid-19. Walau begitu masyarakat juga tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Zaitun.

Rumah karantina Covid-19  di gedung diklat BKSDMD Kabupaten Bangka Tengah hanya memiliki kapasitas untuk 50 orang. Sedangkan belasan rumah yang ada di komplek perkantoran Pemda Kabupaten Bangka Tengah sejauh ini masih dapat menampung pasien keluarga.

“Saat ini masyarakat yang kita tangani di rumah karantina kabupaten sebanyak 83 orang. Saat ini kita dibantu dengan pemaksimalan posko Covid-19 yang telah ada di seluruh kecamatan yang ada, dan mampu menangani pasien yang ada di kecamatan” katanya.

Editor : Erwin Sihombing