Soal Peremajaan Alutsista, KSAU: Itu Wewenang Menhan

Antara · Selasa, 15 Juni 2021 - 17:30:00 WIB
Soal Peremajaan Alutsista, KSAU: Itu Wewenang Menhan
Serangkaian latihan tempur TNI AU di hari kedua di Belitung, Selasa (15/6/2021). Foto: Antara

BELITUNG, iNews.id - Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU), Marsekal Fadjar Prasetyo memastikan TNI AU telah memiliki konsep peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dibutuhkan. Namun realisasinya sangat bergantung dari kebijakan Menhan.

Dia tidak menampik TNI AU membutuhkan peremajaan ataupun alutsista baru. Jajarannya telah mengajukan konsep dan melakukan pembahasan mengenai itu dengan pemerintah.

"Memang ada ke depannya untuk peremajaan alutsista namun itu wewenangnya lebih kepada Kementerian Pertahanan kami hanya mengajukan keperluan," kata Fadjar, usai menghadiri latihan antarsatuan jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas dengan sandi Jalak Sakti dan Hardha Marutha I di Air Weapon Range (AWR) Buding, Belitung, Selasa (15/6/2021).

Dia menegaskan, konsep peremajaan alutsista TNI AU berorientasi pada kebutuhan masa depan. Namun KSAU tidak membeberkan alutsista seperti apa yang dibutuhkan sekarang ini.

"Ke depannya kami sudah memperkirakan seperti apa yang kami butuhkan," ujarnya.

Dalam pelaksanaan latihan antarsatuan jajaran Koopsau I dan Wing I Paskhas, TNI AU mengerahkan alutsista terbaru yakni dua unit pesawat tempur F-16 e-MLU (enhanced Mid-Life Up grade). Meskipun situasi pandemi Covid-19 prajurit TNI AU tetap menggelar latihan guna menjaga kedaulatan udara NKRI.

Editor : Erwin C Sihombing

Bagikan Artikel: