Stok APD Habis, Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Babel Pakai Alat Bekas

Haryanto ยท Senin, 02 Agustus 2021 - 20:32:00 WIB
Stok APD Habis, Petugas Pemakaman Jenazah Covid-19 di Babel Pakai Alat Bekas
Petugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Babel gunakan APD bekas. (Foto:ist)

PANGKALPINANG, iNews.id - Petugas pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang meninggal dunia di Bangka Belitung (Babel), terpaksa menggunakan alat pelindung diri (APD) bekas cuci berulang kali. Sebab, stok APD khusus pemakaman seperti hazmat habis sejak satu pekan lalu.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan menipisnya stok APD tersebut lantaran meningkatnya angka kematian akibat virus Corona di Babel akhir-akhir ini.

"Memang benar sudah satu minggu ini habis hazmat kami, itu yang tersisa hazmat seperti jas hujan yang bisa dicuci habis dipakai.  Sebenarnya tidak sesuai aturan, tapi karena korban terus berjatuhan sedangkan tidak ada stok lagi, kami pakai sistem habis pakai cuci," kata Mikron, Senin (2/8/2021).

Hal itu dialami petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Babel dan beberapa kabupaten/kota yang bertugas memakamkan pasien Covid-19 meninggal dunia.

"Begitu juga dengan beberapa kabupaten/kota, kecuali Kabupaten Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Itu pun stoknya sudah menipis. Yang lainnya sudah meminta kepada kami dan kami berikan seperti yang digunakan petugas kami ini," ujar Mikron, yang sekaligus sebagai Kepala BPBD Babel.

Petugas pemakaman khusus pasein Covid-19 yang bertugas di Satgas Covid-19 Babel berjumlah sebanyak 30 orang. Mereka bekerja siang malam dengan sistem shift. 

"Kami punya 30 orang petugas. Setiap memakamkan satu pasien yang meninggal dunia ada 10 orang yang bertugas, jadi mereka bekerja tiga shift. Nah, dari mereka ini 15 orang sudah pernah terpapar virus Corona," ucap Mikron.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: