Wapres Ma'ruf Amin Sumbang Sapi Kurban 1,2 Ton untuk Warga Babel

Haryanto ยท Minggu, 18 Juli 2021 - 10:08:00 WIB
Wapres Ma'ruf Amin Sumbang Sapi Kurban 1,2 Ton untuk Warga Babel
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyumbangkan satu ekor sapi kurban untuk warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Sapi kurban berbobot 1,2 ton diserahkan keluarga melalui Kapolda Babel. Foto: Istimewa

PANGKALPINANG, iNews.id - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin menyumbangkan satu ekor sapi kurban untuk warga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Sapi kurban jenis Limosin dengan bobot 1,2 ton itu rencananya akan diserahkan melalui Kapolda Babel, Irjen Pol Anang Syarif Hidayat. 

Kapolda mewakili pihak keluarga Wapres, akan menyerahkan sapi kurban itu kepada Ketua PWNU Babel yang juga pengurus Pondok Pesantren Hidayatussalikin, KH Ahmad Ja'far Siddiq, Senin (19/7/2021) sore. Salah seorang keluarga Ma'ruf Amin di Babel, Syamsul Hadi mengungkapkan, bantuan kurban ini terasa spesial karena Wapres memiliki kedekatan emosional dengan Babel.

"Alasannya karena Babel ini spesial, ada ponpes Wapres di wilayah Selindung yang segera dibangun. Sebenarnya kami mau menyerahkan empat ekor sapi, satu dari daerah setempat, tiga rencananya didatangkan dari jawa timur, tetapi karena PPKM darurat, jadi untuk Babel satu dulu, yang lain di distribusikan di daerah lain di Indonesia," kata Syamsul, Minggu (18/7/2021). 

Syamsul menyebutkan, sapi kurban ini merupakan sumbangan pribadi Wapres dan pihak keluarga. Sedangkan Kapolda dipilih langsung keluarga untuk menyerahkan sapi kurban.

Syamsul mengungkapkan, penyembelihan nantinya tetap mengedepankan protokol kesehatan. Penyembelihan sapi kurban dilakukan pada Selasa (20/7/2021). 

"Meskipun di pesantren, prokes tetap nomor satu. Nanti disembelih di pondok, dagingnya dibagi-bagi, dibungkus nanti oleh santri atau panitia di Ponpes," ucapnya. 

Pembagiannya, kata Syamsul, nanti pak RT yang ambil ke ponpes untuk dibagikan ke warganya yang berhak menerima. Syamsul berharap, sapi kurban itu dapat membantu masyarakat di Kepulauan Babel pada perayaan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah. 

Editor : Erwin C Sihombing