Belitung Timur Tambah Ruang Isolasi Khusus Tampung 20-30 Pasien Covid-19

Antara · Sabtu, 17 Juli 2021 - 14:02:00 WIB
Belitung Timur Tambah Ruang Isolasi Khusus Tampung 20-30 Pasien Covid-19
Bupati Belitung Timur, Burhanuddin bersama Forkopimda usai rapat koordinasi membahas PPKM Darurat, Sabtu (17/7/2021). (Foto:Antara)

BELITUNG TIMUR, iNews.id - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menambah ruang isolasi bagi pasien Covid-19. Tempat isolasi tersebut bisa menampung sebanyak 20 hingga 30 pasien. 

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Belitung Timur, Ikhwan Fahrozi mengatakan ruang isolasi yang ada saat ini sebanyak delapan ruangan sudah penuh, sehingga sangat diperlukan penambahan ruangan.

"Jadi kami siapkan satu gedung khusus untuk ruang isolasi, yaitu bekas Balai Kesehatan Jiwa Masyarakat (BKJM) di Selinsing berkapasitas 20 hingga 30 orang," katanya, Sabtu (17/7/2021).

Ikhwan menuturkan pasien pascadirawat di RSUD bila kondisi gejalanya sudah turun, namun masih perlu penanganan isolasi ditempatkan di eks BKJM tersebut. 

Namun, kata dia, pihaknya masih terkendala keterbatasan jumlah perawat dan dokter yang khusus untuk pasien Covid-19 di gedung tersebut.

"Memang kita masih kekurangan perawat, namun nanti bisa kami isi dengan petugas bidan yang tidak banyak tugas. Dokter kita juga terbatas," tuturnya.

Ikhwan mengatakan terjadi lonjakan warga terpapar virus corona setiap harinya dari tiga orang per hari bertambah menjadi rata-rata 12 orang per hari.

"Ini grafik yang buruk bagi kami, maka perlu ditekan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan penerapan PPKM Darurat," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah