Warga di Pulau Bangka Diminta Waspadai Hujan Disertai Petir

Antara ยท Jumat, 20 November 2020 - 12:45:00 WIB
Warga di Pulau Bangka Diminta Waspadai Hujan Disertai Petir
Ilustrasi hujan disertai petir. (foto: ist)

PANGKALPINANG, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan peringatan dini bagi warga. Diprediksi, Pulau Bangka akan diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Kami sudah menerbitkan peringatan dini agar warga mewaspadai perubahan cuaca yang cukup ekstrem ini," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa, Juma (20/11/2020).

Dia menjelaskan berdasarkan prakiraan cuaca BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi pada Jumat (20/11/2020) pada pagi hingga sore di Pulau Bangka. Peringatan dini itu berlaku di Kota Bangka hingga empat kabupaten, yaitu Perairan Timur Kota Pangkalpinang, Kecamatan Parit Tiga, Belinyu, Merawang, Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir ini juga akan terjadi di Kecamatan Koba, Namang, Air Gegas, Kabupaten Bangka Tengah, Kecamatan Jebus, Simpang Teritip, Tempilang, Kelapa, Pemali, Mendo Barat, Puding Besar, Pangkalan Baru, Sungiselan, Kabupaten Bangka Barat, dan meluas ke Kecamatan Lubuk Besar, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara itu, kondisi cuaca di Pulau Belitung yang terdiri dua kabupaten, yaitu Belitung dan Belitung Timur, diperkirakan cerah berawan.

"Kondisi hujan ekstrem ini diperkirakan terjadi pukul 11.00 WIB hingga sore harinya," katanya.

Dia mengimbau masyarakat tidak berkendara saat hujan turun, menghindari tempat-tempat terbuka agar tidak disambar petir dan tidak berteduh di bawah pohon untuk mencegah pohon tumbang akibat angin kencang.

"Kami telah menyiagakan tim reaksi cepat untuk mengantisipasi dan menangani bencana alam yang disebabkan oleh cuaca ekstrem ini," katanya.

Editor : Nani Suherni