Petugas kepolisian saat memeriksa dokumen dan muatan kendaraan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. (Foto: Ist)
Rizki Ramadhani

BANGKA BARAT, iNews.id - Satpolairud Polres Bangka Barat memperketat pengamanan jalur penyeberangan di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. Hal tersebut dilakukan untuk memberi rasa dan aman nyaman kepada para pengguna jasa pelabuhan dan mengantisipasi masuknya barang ilegal.  

Kasat Polairud Polres Bangka Barat, Iptu Sugiyanto mengatakan anggotanya secara rutin melakukan pemeriksaan muatan kendaraan yang baru tiba maupun yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok. 

"Setiap kendaraan diperiksa membawa muatan apa. Kami mengantisipasi masuknya barang ilegal ke Pulau Bangka melalui Pelabuhan Tanjung Kalian. Kami bertugas siang dan malam untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang dan lainnya," kata Iptu Sugiyanto, Jumat (14/10/2022).

Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek muatan kendaraan yang ditutupi terpal. Hal itu guna melihat fisik barang sesuai manifes, di samping pemeriksaan dokumen penyeberangan kendaraan. 

"Pemeriksaan memang memakan waktu, sebab hampir semua sopir menutup bak truk mereka dengan terpal tebal dan berlapis. Saat pemeriksaan kami suruh buka terpalnya, biar jelas apa muatannya. Kalau ada barang ilegal maka kami amankan langsung," ujarnya. 


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT