Salah satu rumah warga rusak akibat diterpa angin kencang (Foto: Antara)
Antara

BANGKA, iNews.id – Sebanyak kurang lebih 50 unit rumah warga di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, rusak akibat diterjang angin kencang, Kamis (17/11/2022). Kerusakan tersebar di 12 desa dan kelurahan di daerah itu.

Kepala BPBD Kabupaten Bangka, Nursi mengatakan, kerusakan yang dialami warga umumnya di bagian atap rumah. Asrama putri di Pesantren Mentabak mengalami kerusakan yang cukup parah. 

"Bencana angin kencang yang mengakibatkan puluhan rumah warga dan satu unit asrama putri Pondok Pesantren Mentabak Pemali mengalami kerusakan," katanya. 

Dia mengatakan, kerusakan rumah warga tersebar di 12 desa dan kelurahan di Kabupaten Bangka seperti Jelitik, Mentabak Pemali, Kuto Panji, Air Jukung, Bintet, Sungailiat, Rambak, Lingkungan Nangnung, Sinar Jaya, Jelutung dan Bukit Ketok.

“Rumah warga yang diketahui rusak parah dan tidak bisa dipasang terpal, kami berharap pemerintah desa segera membantu memperbaiki atap tersebut agar dapat dihuni kembali,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bangka melalui dinas terkait akan melakukan koordinasi dengan pemerintah desa untuk menyalurkan bantuan sosial bagi korban.

"Korban di lapangan berdasarkan data laporan pemerintah desa akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial berupa material bangunan melalui anggaran bantuan tidak terduga (BTT)," ucapnya.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, diperkirakan kerugian yang dialami warga mencapai puluhan juta rupiah.

"Saya ingatkan seluruh lapisan masyarakat agar tetap mewaspadai kondisi alam saat musim penghujan seperti sekarang, pohon yang rawan tumbang di samping rumah hendaknya segera ditebang," katanya.


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT