Presiden Republik Indonesia Joko Widodo saat rapat pengendalian inflasi secara virtual dengan kepala daerah se-Indonesia pada Senin (12/9/2022). (Diskominfo Babel)
Antara

PANGKALPINANG, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian khusus kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam menekan inflasi sebagai dampak pengalihan BBM bersubsidi. Saat ini inflasi Babel lima tertinggi di Pulau Sumatera.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan Presiden Joko Widodo pada pertemuan dengan seluruh kepala daerah se-Indonesia secara virtual pada Senin (12/9/2022) meminta gubernur, bupati, wali kota dapat bekerja bersama dalam mengendalikan inflasi, seperti saat bekerja serentak mengatasi Covid-19.

"Pada pertemuan kemarin dengan Presiden Jokowi, beliau menyebutkan posisi inflasi Babel tertinggi ke lima dari 10 provinsi di Pulau Sumatera. Oleh karena itu, Bapak Jokowi akan memberikan perhatian khusus dalam menekan inflasi di daerah ini," kata Ridwan Djamaluddin, Selasa (13/9/2022).

Dia menuturkan lima dari 10 provinsi di Pulau Sumatera yang tinggi inflasinya yaitu Jambi, Sumatera Barat, Kepulauan Babel, Aceh, dan Kepulauan Riau, harus dikendalikan inflasinya dengan segera melakukan intervensi di lapangan.

"Jika tidak segera diintervensi, maka ini akan berdampak kepada naiknya berbagai kebutuhan pokok masyarakat dan angka kemiskinan," tuturnya.

Menurut dia, saat ini penyumbang terbesar inflasi di Babel berasal dari tarif angkutan udara yang tinggi dan berbagai komoditas kebutuhan pokok dari luar daerah.

"Kami akan memperkuat kerja sama antardaerah untuk memetakan sumber barang-barang, sehingga kita bisa membelinya dengan biaya yang efisien," ujarnya. 


Editor : Ikhsan Firmansyah

BERITA TERKAIT