4 Dermaga Pelayaran Antarpulau Kecil Segera Dibangun di Babel

Antara · Kamis, 29 Juli 2021 - 13:51:00 WIB
4 Dermaga Pelayaran Antarpulau Kecil Segera Dibangun di Babel
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan (kanan) saat berdiskusi dengan General Manajer PT ASDP Indonesia cabang Bangka Barat, Ferry, Kamis (29/7/2021). (Foto:Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan membangun empat dermaga jalur pelayaran kapal antarpulau. Dermaga tersebut untuk meningkatkan konektivitas dan perekonomian masyarakat pesisir di pulau-pulau kecil.

“Keempat dermaga tersebut akan meningkatkan aksesibilitas dan perekonomian masyarakat di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil melalui jalur langsung dari Pulau Sadai ke Tanjung Pandan dan Sadai ke Pulau Lepar, Pongok, Selat Nasik, Seliu, dan Tanjung Pandan,” kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan, Kamis (29/7/2021).

Gubernur Erzaldi mengatakan, saat ini sedang direncanakan detail kerjanya untuk pembangunan dermaga di Pulau Lepar, Pongok, Selat Nasik, dan Seliu. 

"Kita akan segera melelang pembangunan dermaga kapal antarpulau-pulau kecil ini," ujarnya.

Untuk mengoptimalkan pelayanan pelabuhan itu, kata Erzaldi, pada Agustus nanti akan diberlakukan tarif baru di Pelabuhan Sadai sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 188 Tahun 2021 tentang Tarif Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarkabupaten.

"Tarif baru ini disesuaikan pada tarif normal sebelumnya, sebab 2014 pernah terjadi penurunan harga BBM yang berimbas turunnya harga penyeberangan kapal. Namun, untuk tahun ini harga akan dikembalikan seperti semula," ucapnya.

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: