6.280 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Babel

Haryanto ยท Selasa, 05 Januari 2021 - 13:20:00 WIB
6.280 Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Babel
Vaksin Covid-19 yang dikemas dalam empat koli, tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Babel, Selasa (5/1/2021). (Foto: iNews.id/ Haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Sebanyak 6.280 dosis vaksin pengiriman tahap pertama tiba di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (5/1/2021). Sebelum didistribusikan, vaksin tersebut disimpan di Gudang Farmasi, Dinas Kesehatan Provinsi Babel.

Pantauan media, vaksin tiba di Bandara Depati Amir Pangkalpinang dikemas dalam empat koli tersebut. Petugas bersenjata lengkat ikut mengawal. Petugas dari kepolisian Brimob Polda Babel, juga akan berjaga 24 jam guna menjamin keamanan vaksin Covid-19, hingga penyalurannya nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bangka, Mulyono mengatakan, vaksin tahap pertama diperuntukan bagi tenaga kesehatan.Vaksin dibawa ke Babel dalam dua kali pengiriman.

"Tahap pertama ini untuk para tenaga kesehatan dengan jumlah 10.280 vaksin. Hari ini baru tiba 6.280 sisanya 4.000 vaksin akan dikirim dalam bulan ini juga. Namun kami belum mendapatkan tanggal kepastian pengirimannya," kata Mulyono.

Dia menjelaskan, jika sesuai rencana vaksin tersebut akan distribusi pada tanggal 14 atau 15 Januari mendatang, yang diawali dengan vaksinasi oleh Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan diikuti oleh Forkopimda.

"Sementara kami menunggu petunjuk dari pusat untuk mendistribusikan ke kabupaten/kota. Tetapi perkiraanya, di Provinsi diawali dari gubernur dan Forkopimda nanti tanggal 14 atau tanggal 15, mulai dari situ selanjutnya akan pelaksanaannya," ujarnya.

Menurut Mulyono, ada sekitar 12.000 tenaga kesehatan di Babel yang telah terdata di Dinkes Babel, sedangkan vaksin untuk nakes ini hanya berjumlah 10.280.

"Ada sekitar 12.000 nakes yang terdata di kami. Pemberian vaksin nantinya akan dilakukan dua dosis atau dua vaksin untuk satu orang nakes," ucapnya.

Sementara itu, Babel sendiri mendapat jatah 22.000 vaksin yang pengirimannya dilakukan dalam tiga tahap.

"Pengiriman tahap selanjutnya belum ada informasi. Kami berharap datang secepatnya," katanya.

Editor : Nani Suherni