Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pegawai Bangka Tengah Tes Swab Massal

Rachmat Kurniawan ยท Senin, 05 Oktober 2020 - 14:08:00 WIB
Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pegawai Bangka Tengah Tes Swab Massal
Petugas tes swab massal para pegawai Pemkab Bangka Tengah, Senin (5/10/2020). (Foto: iNews.id/Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, iNews.id – Para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah menjalani tes swab massal di halaman Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Senin (5/10/2020). Tes swab ini diwajibkan bagi pegawai yang memiliki riwayat kontak langsung dengan Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh dan sejumlah pegawai yang dinyatakan positif Covid-19.

Tidak hanya pegawai, masyarakat umum yang memiliki kontak erat dengan Bupati Bateng dan pegawai positif Covid-19 juga dapat mengikuti tes swab massal gratis. Sedangkan untuk pegawai yang tidak memiliki riwayat kontak dengan pasien Covid-19 tetap diwajibkan menjalani rapidtest massal.

“Hari ini (Senin) kami menggelar tes swab massal bagi pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah. Kami juga menggelar rapidtest massal bagi pegawai yang tidak memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19,” ujar Kepala BPBD dan Jubir Satgas Percepatan Penagangan Covid-19 Kabupaten Bangka Tengah, Yudi Sabara pada Senin (05/10/2020) siang.

Kegiatan serupa juga digelar serentak di seluruh puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Hal ini guna memfasilitasi pegawai kecamatan yang kesulitan untuk hadir langsung ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah.

Yudi mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan kembali pada Selasa 6 Oktober 2020 besok. Bagi pegawai yang menjalani tes swab hari ini, akan kembali menjalani tes swab pada besok pagi.

"Sementara bagi pegawai yang tidak mengikuti tes swab ataupun rapidtest massal hari ini, akan didata dan kami wajibkan mengikuti tes swab dan rapidtest massal pada besok pagi juga,” katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah