Atasi Kendala Data Vaksinasi Covid-19, Babel Gunakan SMILE

Antara ยท Jumat, 10 September 2021 - 16:18:00 WIB
Atasi Kendala Data Vaksinasi Covid-19, Babel Gunakan SMILE
Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel menggunakan Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik (SMILE), guna mengatasi kendala pelaporan pendataan vaksinasi Covid-19 ke pemerintah pusat. (Foto:Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggunakan Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik (SMILE). Sistem tersebut guna mengatasi kendala pelaporan pendataan vaksinasi Covid-19 ke pemerintah pusat.

Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah mengatakan selama ini pelaporan data vaksinasi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Babel terkesan lambat dan tidak akurat. Sebab, dalam pelaporan realisasi vaksinasi tersebut menggunakan aplikasi P-Care yang terbatas.

"Dengan memanfaatkan SMILE ini tentunya pelaporan data dapat dengan cepat, tepat bagaimana capaian vaksinasi, ketersediaan vaksin ke pusat," katanya, Jumat (10/9/2021).

Kepala Satgassus Vaksinasi Babel sekaligus Wakapolda Babel, Brigjen Pol Umardani mengatakan jumlah aplikasi P-Care di daerah terbatas, sehingga menghambat kegiatan laporan.

"Saya berharap unsur pelaksana Satgassus Vaksinasi Babel melaporkan kegiatan vaksinasinya dengan data yang akurat dan tidak berbeda-beda atau satu pintu," kata Brigjen Pol Umardani.

Ia berharap Satgassus Vaksinasi Babel dapat mengambil langkah extraordinary, jangan biasa-biasa saja. Seperti lansia untuk diupayakan melakukan vaksinasi dengan menyambangi kediamannya ataupun menggunakan mobil vaksinasi keliling. 

Oleh karenanya, ia meminta kepada jajaran kabupaten/kota dan polres agar memberdayakan mobil dinasnya untuk dijadikan mobil vaksinasi keliling.

"Niat kita semua melakukan ini agar Babel terbebas dari pandemi Covid-19, sehingga masyarakat dapat beraktivitas seperti semula," ujarnya. 

Editor : Ikhsa Firmansyah