Babel Bangun Gudang Pendingin Ikan di Pulau Terluar, Beroperasi Juli

Antara · Minggu, 06 Juni 2021 - 17:55:00 WIB
Babel Bangun Gudang Pendingin Ikan di Pulau Terluar, Beroperasi Juli
Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan saat berkunjung ke Pulau Pongok, Minggu. Foto: Antara

BANGKA SELATAN, iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membangun gudang pendingin ikan di Pongok atau pulau terluar di wilayah Kabupaten Bangka Selatan. Gubernur Babel Erzaldi Rosman berharap, Juli 2021, mendatang gudang tersebut sudah beroperasi.

Dia menilai, Babel membutuhkan gudang pendingin karena hasil perikanan seperti ikan, cumi-cumi dan udang sangat berlimpah. Maka dibutuhkan gudang pendingin untuk menjamin kualitas hasil tangkapan laut.

"Kami menargetkan bulan depan gudang ini sudah bisa dioperasikan, sehingga nelayan tidak lagi kesulitan menjaga mutu hasil tangkapannya," ujar Erzaldi, usai berkunjung ke Pulau Pongok, Minggu (6/6/2021).

Menurut dia, kehadiran gudang pendingin merupakan solusi bagi masyarakat nelayan di pulau kecil ini dalam terjaganya kualitas ikan maupun hasil tangkapan lainnya. Keputusan gubernur disambut positif oleh nelayan di Pulau Pongok.

Salah satu nelayan Pulau Pongok, Romadi, mengakui sangatlah sulit untuk menjaga kualitas hasil tangkapan ikan. Dengan adanya gudang pendingin nelayan bisa menjaga kualitas hasil ikan dan menjualnya dengan harga yang bagus.

"Selama ini kami sangat kesulitan di saat hasil tangkapan ikan melimpah dengan jumlah yang banyak secara otomatis akan berdampak pada turunnya harga ikan. Oleh karena itu, kami sangat berharap gudang ini segera terealisasi," ujar Romadi.

Editor : Erwin Sihombing