Babel Tuan Rumah Kongres Halal Internasional 2022

Antara ยท Jumat, 19 November 2021 - 08:42:00 WIB
Babel Tuan Rumah Kongres Halal Internasional 2022
Sekretaris MUI Babel, Ahmad Lutfi (Antara)

BANGKA, iNews.id - Bangka Belitung (Babel) terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan Kongres Halal Internasional 2022. Sebanyak 50 negara dijadwalkan hadir dalam acara itu.

"Sekitar 50 negara di dunia akan diundang. Agenda internasional itu sudah dikenalkan di seluruh Bangka Belitung guna mendapat dukungan pemerintah daerah," ujar Sekretaris MUI Babel, Ahmad Lutfi di Sungailiat, Kamis (18/11/2021).

Menurut Lutfi, penyelenggaraan kongres ini juga untuk mempromosikan pariwisata Babel sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Negara yang hadir dalam kongres diharapkan bisa membawa warga negaranya datang ke Babel sebagai wisatawan.

"Wisata halal lebih ditekankan pada wisata yang ramah dengan cara seorang muslim seperti contoh ketersediaan sarana bersuci di tempat objek wisata termasuk juga ketersediaan kuliner halal," ujarnya.

Lutfi menambahkan, Babel telah siap dengan wisata halal. Sebanyak 10 hotel berbintang di Babel telah memiliki sertifikat halal. Kemudian 2.000 sertifikat halal telah diterbitkan MUI Babel untuk pelaku UMKM khususnya kuliner. 

"Penerbitan sertifikat halal mendapat dukungan penuh dari pemerintah Provinsi Bangka Belitung bahkan memberikan subsidi masyarakat dalam pembuatan sertifikat halal," ujarnya.

Editor : Reza Yunanto

Bagikan Artikel: