Gubernur Erzaldi Soroti Kontribusi Minim PT Timah untuk Pembangunan Babel

Haryanto · Selasa, 16 November 2021 - 13:59:00 WIB
Gubernur Erzaldi Soroti Kontribusi Minim PT Timah untuk Pembangunan Babel
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan. (Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi menyebut kehadiran PT Timah dirasa kurang memberikan dampak bagi pembangunan daerah Babel. Padahal Babel merupakan pemasok timah terbesar di dunia. 

"Ini disebabkan sejak PT Timah berdiri hingga sampai timah tidak menjadi barang strategis lagi, hampir pembangunan di Bangka Belitung ini tidak sebaik daerah-daerah lain. Padahal yang telah dikenal luas baik di nusantara maupun dunia, timah itu dari Bangka Belitung," kata Erzaldi, Senin (15/11/2021).

Erzaldi mengatakan itu dalam diskusi yang digelar Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) dengan tema "Optimalisasi Pendapatan BUMN dan PNBP Melalui Peningkatan Nilai Tambah Sumber Daya Mineral".

Menurut Erzaldi, kondisi itu menyebabkan kebingungan bagi para kepala daerah dalam menentukan sikap untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. 

Di satu sisi, pemerintah daerah ingin mengembangkan sektor lain. Namun di sisi lain sektor itu akan sulit berkembang lantaran penambangan terus berlangsung. Selain itu regulasi pertimahan dikuasai oleh pemerintah pusat.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: