Bangka Barat Tingkatkan Operasi Yustisi Cegah Covid-19, Ini Sanksi Pelanggar Prokes

Antara ยท Rabu, 06 Januari 2021 - 19:08:00 WIB
Bangka Barat Tingkatkan Operasi Yustisi Cegah Covid-19, Ini Sanksi Pelanggar Prokes
Operasi yustisi penegakan aturan kesehatan cegah Covid-19 di Muntok, Bangka Barat. (Foto: Antara)

BANGKA BARAT, iNews.id - Tim gabungan di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar operasi yustisi di sejumlah lokasi keramaian untuk mencegah penyebaran Covid-19, Rabu (6/1/2021). Dalam operasi tersebut, penegakan disiplin protokol kesehatan (prokes) dilakukan dengan memberikan teguran, imbauan dan tindakan fisik berupa push-up. 

"Kegiatan ini merupakan langkah kami meningkatkan disiplin aturan kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19 yang saat ini jumlah kasusnya kian meningkat," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah, Rabu (6/1/2021).

Saat ini, kata kapolres, peningkatan kasus positif Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sudah cukup mengkhawatirkan dan khususnya di Bangka Barat juga mengalami peningkatan.

Untuk mencegah dan mengendalikan penularan virus tersebut, tim gabungan yang terdiri dari personel Polres Bangka Barat, TNI, Satpol PP, petugas Dinas Kesehatan secara berkala menggelar operasi yustisi aturan kesehatan.

"Untuk hari ini kami gelar penegakan disiplin protokol kesehatan di beberapa lokasi di Muntok, antara lain di Pasar Muntok, kantor pelayanan publik, kantor bank, pelabuhan lama, rumah makan dan beberapa lokasi berkumpul warga lainnya," ujarnya.

Pada kegiatan yang dipimpin Kapolsek Mentok, AKP Taufik Zulfikar tersebut, petugas gabungan mengingatkan masyarakat yang sedang beraktivitas untuk selalu menggunakan masker.

Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penegakan disiplin dengan memberikan teguran, imbauan dan tindakan fisik berupa push-up kepada warga yang ditemukan tidak memakai masker.

"Penindakan ini merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan kesadaran agar tetap menggunakan masker saat beraktivitas di keramaian," ucapnya.

Selain itu, kepada para pengelola tempat usaha dan perkantoran juga tetap diingatkan agar menyediakan fasilitas pendukung protokol kesehatan, seperti tempat cuci tangan, sabun dan penerapan jaga jarak antarpengunjung.

Selain di lokasi tersebut, pihaknya juga mengingatkan para pengurus masjid agar menyediakan masker dan mengingatkan jamaah untuk selalu memakai masker saat beribadah.

"Tetap patuhi aturan yang berlaku untuk mewujudkan upaya bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19," katanya.

Editor : Ikhsa Firmansyah