Bangka Tengah Raih Penghargaan KPAI, Jadi Wilayah Paling Ramah Anak Se-Babel

Rachmat Kurniawan ยท Kamis, 22 Juli 2021 - 17:39:00 WIB
Bangka Tengah Raih Penghargaan KPAI, Jadi Wilayah Paling Ramah Anak Se-Babel
Bangka Tengah menjadi wilyah satu-satunya di Babel yang menerima anugerah KPAI yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak.. Foto: Ilustrasi/Antara

BANGKA TENGAH, iNews.id - Bangka Tengah meraih penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai kabupaten yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis Sistem Informasi Monitoring dan Pelaporan (SIMEP) Perlindungan Anak. Raihan ini menjadikan Bangka Tengah menjadi daerah ramah anak dari seluruh wilayah di Bangka Belitung (Babel).

KPAI memberi penghargaan kepada 20 daerah dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia. Bangka Tengah menjadi daerah satu-satunya dari Babel yang menerima penghargaan tersebut.

"Alhamdulillah Bangka Tengah merupakan salah satu kabupaten atau kota yang masuk dalam penghargaan kategori yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak. Dan Bangka Tengah menjadi satu-satunya kabupaten di Bangka Belitung yang menerima penghargaan KPAI," ujar Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Kamis, (22/7/2021).

Dia menuturkan, penghargaan yang diberikan ini merupakan prestasi yang diraih bersama. Khususnya dalam memberikan perlindungan anak.

"Tentunya dalam perlindungan anak ini kita melibatkan semua lintas sektor, tidak hanya dinas terkait, khususnya perlindungan anak. Kita juga melibatkan duta genre dan juga organisasi perangkat daerah (OPD), lembaga vertikal serta lembaga masyarakat terkait dalam memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak ini," kata Algafry.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Bangka Tengah, Dede Lina Lindayati, menilai anak merupakan elemen penting dalam kemajuan bangsa. Dia berharap Pemkab Bangka Tengah bisa termotivasi untuk memberi perlindungan anak secara maksimal.

"Tentunya dengan adanya penghargaan anugerah KPAI ini  tidak serta merta menghentikan langkah Pemkab Bangka Tengah dan menjadi euforia. Namun semakin memacu untuk mengoptimalkan segala kebijakan program dan kegiatan untuk melindungi dan memenuhi hak anak," ujarnya.

Editor : Erwin C Sihombing