Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Ini Program Pramuka Babel

Haryanto · Kamis, 25 Maret 2021 - 16:34:00 WIB
Bangkitkan Ekonomi di Tengah Pandemi, Ini Program Pramuka Babel
Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung saat menggelar Rakerda. (Foto : iNews.id/haryanto)

PANGKALPINANG, iNews.id - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menjalankan program pemberdayaan masyarakat guna menekan dampak ekonomi di tengah pandemi Covid-19. Program yang berhasil dijalankan mulai dari plot kebun sayur kwrda hingga pemanfaatan lahan tidur untuk ketahanan pangan.

Kakwarda Babel Melati Erzaldi mengatakan, program pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 tersebut mereka lakukan bersinergi dengan berbagai para ahli disiplin ilmu. Lalu menyampaikan pembelajaran bagi masyarakat dan juga pembina pramuka. 

"Ada berbagai program pemberdayaan yang dilaksanakan akhir-akhir ini, seperti demonstrasi plot kebun sayur kwarda, program percontohan kebun sayur, smart eco garden, hingga program percontohan pembudidayaan padi menggunakan metode hidroponik dan ternak lele," katanya, Kamis (25/3/2021).

Selain itu, kata dia, ada juga program unggulan lainnya yaitu Melati Tuk Ketapang, yang merupakan akronim dari memanfaatkan lahan tidur untuk ketahanan pangan. Program ini dilakukan bersama dengan seluruh kwartir cabang di seluruh Kepulauan Bangka Belitung, untuk melaksanakan ketahanan pangan. 

“Program Melati Tuk Ketapang ini dilaksanakan secara sistematis dan massif, sehingga dapat menjadi alternatif dalam menanggulangi krisis pangan sebagai dampak dari Covid-19,” ujar Melati. 

Editor : Ikhsa Firmansyah

Halaman : 1 2