Bantu Pasarkan Produk UMKM saat Pandemi, Pemprov Babel Kucurkan Rp1 Miliar

Antara ยท Sabtu, 17 Oktober 2020 - 15:29 WIB
Bantu Pasarkan Produk UMKM saat Pandemi, Pemprov Babel Kucurkan Rp1 Miliar
Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan saat memberikan arahan kepada pelaku UMKM peserta pelatihan peningkatan kualitas dan pemasaran produk di Pangkalpinang, Sabtu (17/10/2020). (Foto: Antara)

PANGKALPINANG, iNews.id - Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM), termasuk di Kepulauan Bangka Belitung. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mengucurkan Rp1 miliar untuk membantu pemasaran produk UMKM di pasar global agar perekonomian masyarakat kembali bangkit di tengah pendemi Covid-19.

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, bantuan stimulus sebesar Rp1 miliar yang diberikan itu dalam bentuk kerja sama pemasaran dengan e-commerce skala nasional maupun internasional.

"Kami berharap dengan adanya dukungan ini, pelaku UMKM bisa lebih meningkatkan kualitas pengemasan produk untuk menarik minat konsumen," ujar Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Sabtu (17/10/2020).

Erzaldi mengatakan, Di tengah pendemi Covid-19, peran UMKM sangat penting dan menjadi tulang punggung perekonomian daerah ini. Namun, kontribusi ekspor UMKM masih rendah. Dari 180.000 UMKM hanya sebagian kecil yang telah melakukan ekspor, padahal banyak produk UMKM Babel yang berpotensi untuk dijual ke pasar global.

"Karena itu, pemerintah provinsi telah memberikan dukungan dengan menggelontorkan APBD sebesar Rp1 miliar, guna mendorong pemasaran produk UMKM di pasar global," katanya.


Editor : Maria Christina